Enam makanan untuk kurangi sakit kepala

Enam makanan untuk kurangi sakit kepala

Jakarta – Para ahli sepakat mengetahui pemicu sakit kepala adalah salah satu cara terbaik melawan sakit kepala. Pemicu ini dapat berhubungan dengan diet, dan penderita sakit kepala kronis seringkali belajar soal makan dan minum apa saja yang sebaiknya mereka hindari.   Berikut terdapat enam makanan yang mungkin membuat sakit kepala hilang, seperti dilansir Huffington Post:

1. Bayam
Sayuran hijau misalnya bayam banyak mengandung riboflavin, yakni tipe vitamn B yang dapat mencegah migrain.

2. Lemak ikan
Lemak ikan banyak mengandung asam lemak omega 3. Menurut studi yang dilakukan pada 2013, sifat anti-inflamasi (anti radang) dari asam ini dapat mengurangi rasa sakit kepala kronis dan manfaat ini dapat ditingkatkan ketika Anda melakukan diet asam omega 6- ditemukan di banyak minyak makanan – secara bersamaan.

3. Semangka
Jika sakit kepala Anda berhubungan dengan dehidrasi, maka Anda memerlukan air (H2O). Di samping itu, makanan yang banyak mengandung air seperti semangka dan mentimun dapat juga membantu mengatasi sakit kepala.

Kita mendapatkan asupan sekitar 20 persen air per hari dari makanan, tetapi semangka memberikan mineral esensial seperti magnesium dan potasium saat Anda mengalami dehidrasi.

4. Kentang
Berbicara soal potasium, yakni mineral yang dapat mengobati sakit kepala, kita seringkali kekurangan mineral ini saat mengalami dehidrasi. Sekalipun pisang kaya akan potasium, kentang panggang diketahui mengandung dua kali lebih banyak mineral ini, yakni 926 miligram.

5. Kafein (namun harus hati-hati)
Kafein sebenarnya bisa membantu sakit kepala asalkan tidak dikonsumsi berlebihan. Menurut WebMD (jaringan kesehatan profesional), banyak obat sakit kepala mengandung bahan ini dalam dosis kecil, karena membantu tubuh menyerap obat tersebut lebih cepat.

Namun, saat Anda terlalu banyak mengonsumsi kafein misalnya 500 miligram bahkan lebih (setara dengan lima cangkir kopi), maka Anda beresiko mengalami sakit kepala.

6. Kacang almond (namun harus hati-hati)
Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Neural Transmission memperlihatkan magnesium dapat mengobati migrain. Hanya saja, sekalipun relatif aman untuk dikonsumsi Anda harus membatasi asupan bahan ini misalnya dalam kacang almond, yakni 80 miligram per porsi.atn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *