Empat Bank Tutup di Wamena, Kehabisan Uang Jelang Pemilu?

Empat Bank Tutup di Wamena, Kehabisan Uang Jelang Pemilu?

Jayapura  – Empat bank pemerintah yang ada di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, tak beroperasi pada Senin (7/4/2014). Diduga, berhentinya aktivitas ini karena habisnya stok uang tunai pada hari tersebut. Salah seorang warga Kota Wamena, Robin yang dihubungi melalui telepon selulernya membenarkan tutupnya empat bank yang ada di Wamena itu.

“Sepanjang hari kemarin, Bank BPD, BNI, Mandiri dan BRI semua tutup, aktivitas berhenti. Kami tidak bisa melakukan transaksi bank,” terang Robin , Selasa (8/4/2014). Namun, aktivitas bank tersebut sudah kembali normal pada Selasa.

Salah seorang pegawai KPU Papua, yang enggan disebut identitasnya, mengaku khawatir dengan penarikan uang tunai besar-besaran di Wamena. “Indikasi ke arah politik uang pada Pemilu Legislatif kemungkinan bisa terjadi dan ini sangat mengkhawatirkan,” kata dia.

Kekhawatiran pegawai KPU itu soal dugaan politik uang semakin bertambah, karena seluruh pesawat dengan tujuan penerbangan ke pedalaman Papua, termasuk ke Wamena, sudah dicarter. “Semoga sih tidak terjadi,” kata dia ketika ditemui di KPU Papua.

Hingga kini, belum ada pihak terkait yang bisa dikonfirmasi terkait berhentinya aktivitas perbankan di Wamena sepanjang Senin. Belum dapat dipastikan pula apakah berhentinya aktivitas keempat bank karena kehabisan stok uang tunai sebagaimana diduga.kom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *