Eggi Sudjana Ngotot Maju ke Pilgub Jatim

Eggi Sudjana Ngotot Maju ke Pilgub Jatim

Bintang Pos, Surabaya— Pasangan calon Gubenur Jawa Timur dari jalur perseorangan Eggi Sudjana – Muhammad Sihat menyerahkan perbaikan berkas dukungannya kepada Komisi Pemilihan Umum Daerah Jawa Timur, Ahad, 23 Juni 2013. KPUD Jawa Timur menjadwalkan batas akhir pengumpulan berkas perbaikan hari ini. Penyerahan berkas perbaikan dukungan Eggi dan Sihat itu diterima oleh sekretaris KPUD Jawa Timur Jonathan Judianto.

“Hasil verifikasi KPUD yang pertama menyatakan saya tidak memenuhi syarat maju sebagai calon gubernur karena kurang dukungan. Sekarang saya sudah menyerahkan dua ribu fotocopy KTP, itu sudah lebih dari cukup,” kata Eggi yang juga seorang advokat asal Jakarta itu.

Eggi mengklaim berkas yang diserahkannya valid dan tidak ada yang dimanipulasi. Eggi mengaku telah  mendapat dukungan masyarakat di semua kabupaten dan kota se-Jawa Timur. Menurut dia, dukungan  paling banyak berasal dari pulau Madura. “Setidaknya ada 30 ribu pendukung saya dari semua kabupaten yang ada di Madura,” ujar Eggi.

Agar alamat yang ada di KTP sesuai dengan daerah asal, Eggi membungkus KTP dukungan itu sesuai dengan kabupaten/kota. “Saya bungkus satu plastik satu desa, jadi tidak mungkin pendukung dari Sampang muncul di Gresik. Kalau masih terjadi seperti itu berarti KPU yang salah,” ujarnya.

Eggi meminta  KPU bekerja secara provesional. Sebab Eggi menilai KPU sengaja menjegal dirinya pada tahap verifikasi pertama dengan alasan alamat di KTP tidak sesuai dengan kabupaten atau kota pendukung.

Jonathan  mengatakan pada verifikasi tahap pertama KPUD menemukan KTP pendukung Eggi yang alamatnya Gresik muncul di Nganjuk. “Karena penyerahan berkas sebelumnya campur, tidak ada pengelompokan di setiap desa,” kata dia.

Syarat untuk menjadi Calon Gubenur Jawa Timur jalur perseorangan harus memiliki KTP dukungan 1.118.097. Pada hasil verifikasi pertama, KTP pendukung pasangan  Eggi – Sihat, sebanyak 1.122.460. Namun setelah diverifikasi yang dianggap memenuhi syarat hanya 239.910.(tem)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *