Ditengah kemelut, PKB Jatim optimis Khofifah menang

Ditengah kemelut, PKB Jatim optimis Khofifah menang

Bintang Pos, Surabaya – Kendati belum mendapat restu dari Dewan Syuro PKB Jawa Timur, DPD PKB Jatim tetap optimis jika Khofifah Indarparawansah akan menang dalam Pilgub Jatim Agustus 2013 mendatang.
Meski sudah resmi mendaftarkan pasangan Khofifah Indarparawansah dan Herman Sumawireja sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jatim, ternyata internal PKB masih tetap belum bisa solid.

Sampai saat ini, KH Abdul Aziz Mansyur, Ketua Dewan Syuro DPP PKB masih belum bersedia memberikan restu atau mendukung pasangan mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan era Gus Dur itu dengan mantan Kapolda Jatim Herman Sumawireja.

Berbeda dengan DPW PKB Jawa Timur, Ketua Dewan Syuro PKB, KH Abdul Aziz Mansyur lebih memilih mendukung pasangan inkumben Soekarwo-Saefulloh Yusuf sebagai bakal cagub dan cawagub.

Ditemui usai berziarah ke makam Gus Dur di Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang, Ketua DPW PKB Jawa Timur, Halim Iskandar menganggap penolakan Ketua Dewan Syuro DPP PKB tidak akan menjadi masalah dan batu sandungan bagi Khofifah.

Menurutnya, penolakan itu tak lebih dari dinamika politik yang selanjutnya akan terus ia lakukan pendekatan-pendekatan.

“Saya sih optimis Khofifah menang,” ujarnya di Jombang, Jumat (24/5/2013).

Apalagi, lanjutnya, Khofifah yang notabene adalah Ketua Umum DPP Muslimat NU di kenal memiliki basis masa yang kuat di kalangan ibu-ibu muslimat di Jawa Timur.

Untuk di ketahui, dalam Pilgub Jatim mendatang, para ulama dan kiai terpecah belah. Sebagian ulama yang dimotori KH Hasyim Muzadi (mantan Ketum PBNU) dan KH Sholahudin Wahid (Gus Sholah) mendukung Khofifah sebagai cagub.

Sementara ulama lainnya yang di motori Ketua Dewan Syuro DPP PKB, KH Abdul Aziz Mansyur memilih mendukung pasangan inkumben Soekarwo-Saefulloh Yusuf.

Sampai saat ini, meski DPW PKB Jatim sudah mendaftarkan Khofifah sebagai Cagub ke KPU Jatim, namun KH Abdul Aziz Mansyur bersikukuh tak mau memberikan restunya pada Khofifah.(sin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *