Diserang Hama Wereng, Petani Mojoanyar Tak Bisa Lebaran

Diserang Hama Wereng, Petani Mojoanyar Tak Bisa Lebaran

Bintang Pos, Surabaya – Ratusan hektar area persawahan padi milik petani di Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto diserang hama wereng. Akibatnya, para petani dipastikan tidak bisa berlebaran karena padi milik petani gagal panen.
Salah satu petani, Mu’adi mengatakan, hama wereng mulai menyerang tanaman padi milik petani sejak awal puasa lalu. “Usia padi saat ini sudah 70 hari, sudah mulai berbuah tapi sejak awal puasa lalu diserang hama wereng,” ungkapnya, Senin (29/07/2013) tadi siang.

Masih kata warga Dusun Jogo Dayoh, Desa Jabon ini, hama wereng menyerang tanaman padi di Desa Gebang Malang dan Jabon. Hama wereng menyerang bagian pangkal tanaman padi sehingga tanaman langsung mati. Jika sudah berbuah maka hasil tanaman padi menurun.

“Jika biasanya bisa menghasilkan satu ton, setelah terserang hama wereng hanya menghasilkan tiga hingga lima kwintal saja karena banyak buah padi yang tak utuh. Sampai saat ini, Dinas Pertanian belum ada yang ke lapangan, padahal lebaran semakin dekat tapi hasil tanaman padi kita justru turun,” katanya.

Mu’adi menjelaskan, para petani hanya melakukan penyembrotan seadanya saja karena tidak ada perhatian dari Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto. Para petani khawatir jika tanaman padi kali ini, gagal panen sehingga mereka tak bisa merayakan Hari Raya Idul Fitri. (bjt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *