Dewan Kota Amsterdam Umumkan Mandela Meninggal

Dewan Kota Amsterdam Umumkan Mandela Meninggal

Bintang Pos, Amsterdam – Dewan kota di sebuah kawasan di Amsterdam mengheningkan cipta selama satu menit sebagai tanda duka atas meninggalnya ikon Afrika Selatan, Nelson Mandela, pada Selasa (25/6/2013). Namun, Mandela tidak meninggal. Dia hanya sedang dirawat di rumah sakit dan kondisinya memang dikabarkan kritis.

Televisi Belanda NOS melaporkan, para anggota dewan kota Amsterdam Tenggara menyimpulkan berdasarkan sejumlah pesan di Facebook bahwa Mandela sudah meninggal dunia pada Selasa malam.

“Mart van de Wiel dari Fraksi D66/OZO mengatakan kepada kami saat jeda bahwa pahlawan itu telah meninggal,” kata Sjam Jokhan kepada harian Belanda Het Parool. “Saya mencoba untuk memverifikasi laporan tersebut,” tambahnya. “Saya menemukan puluhan pesan di Twitter yang tampaknya mengonfirmasi berita itu, termasuk pesan seperti breaking news dan tampak resmi.”

Dewan itu memutuskan untuk mengheningkan cipta selama satu menit untuk menghormati mantan Presiden Afrika Selatan itu. Namun, para anggota dewan itu dengan cepat menyadari kesalahannya.

Jokhan menambahkan, “Hal itu sekali lagi menunjukkan Anda harus berhati-hati dengan laporan di internet.”

Para anggota dewan kota di Belanda bukan satu-satunya yang terkecoh dengan kabar kematian Mandela. Bintang pop Rihanna menyampaikan belasungkawa dalam kicauannya di Twitter pada Selasa. Ia mengatakan, “Nelson Mandela … salah satu orang paling luar biasa yang pernah berjalan di bumi ini! Teriring doa untukmu di surga.”

Seorang menteri di Australia juga terkecoh. Menteri Sumber Daya Alam dan Mineral Australia, Garry Gray, mengumumkan dalam sebuah jamuan makan malam resmi di gedung parlemen bahwa Mandela sudah meninggal. Setelah menyadari kekeliruannya, Gray meminta maaf.

Ikon anti-apartheid Nelson Mandela dirawat di rumah sakit di Afrika Selatan sejak 8 Juni lalu karena infeksi paru-parunya kambuh. Kondisinya digambarkan kritis, tetapi stabil. Anggota keluarga dan pemimpin suku Mandela telah berkumpul di kampung halaman mantan presiden itu pada Selasa untuk membahas situasi Mandela yang juga dipanggil Madiba itu.(kom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *