Demokrat Mulai Jaring Peserta Konvensi Capres

Demokrat Mulai Jaring Peserta Konvensi Capres

Bintang Pos, Jakarta – Partai Demokrat akan memulai proses penjaringan bagi peserta konvensi calon presiden pada akhir Juli mendatang. Pengumuman peserta akan dilakukan pada akhir Agustus oleh komite konvensi.

“Kan kemarin akhir Agustus diumumkan, berarti akhir Juli ini mungkin sudah mulai kelihatan penjaringannya,” kata Ketua Harian PD Syarief Hasan di Kantor Presiden, Senin (8/7).

Syarief memaparkan, saat ini komite konvensi PD sedang disusun anggotanya. Mereka, dikatakan Syarief, akan berasal dari unsur internal dan eksternal. “Ini sedang disusun komitenya. Mereka terdiri dari kader utama partai dan independen, bisa pengamat, akademisi, asalkan independen,” tutur Syarief.

Selanjutnya, Menteri Koperasi dan UKM ini menerangkan, jumlah komite sebanyak tujuh orang dengan proporsi 70 persen dari luar. “Kami harap lebih banyak dari luar, 70 persen lah. Jumlah komite tujuh orang, angka ini kan sekarang sedang tren di demokrat,” papar Syarief.

Untuk jumlah peserta kovensi, Syarief menilai 11 sampai 12 orang sudah cukup. Ia mengingatkan nantinya jumlah itu akan menyusut menurut survei yang digelar PD selama dua tahap.

“Tergantung yang berpotensi, kira-kira 11 sampai 12 awalnya. Ini kan semi terbuka, tidak semuanya bisa diterima. Kemudian mereka sampai Desember akan tereliminir yang hasil surveinya rendah. Survei pertama,” terang Syarief.

Seperti diberitakan, Partai Demokrat resmi mengumumkan rencana konvensi calon presiden. Dalam konferensi persnya kemarin malam (7/7), Ketua Umum PD Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan tujuh aturan pokok dalam konvensi.

Di antara tujuh aturan itu adalah sistem terbuka dan pelaksanaan konvensi. Sistem semi terbuka itu membebaskan orang luar PD untuk ikut dalam kompetisi, kemudian pelaksanaan konvensi akan dilakukan melalui sistem survei yang dilakukan dua kali dengan tanpa melibatkan kader.

Terkait dengan capres, Syarief memastikan pemenang survei akan langsung ditetapkan sebagai capres PD. Untuk pendampingnya atau cawapres, Demokrat belum menentukan. “Iya dong (langsung ditetapkan), kan rakyat yang menentukan. Kita belum bicara cawapres, itu nantilah,” sebut Syarief.

Ditekankan Syarief, PD akan terus melakukan tahapan konvensi meski ada beberapa pihak yang menilai perolehan suara PD merosot. “(merosot) Itu lain cerita, sampai sekarang belum terpikirkan kalau demokrat suaranya rendah. Kita tidak pernah mikir kesana,” tukas Syarief.(met)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *