Dapat restu kiai, Khofifah gugat Pilgub Jatim

Dapat restu kiai, Khofifah gugat Pilgub Jatim

Bintang Pos, Surabaya – Tidak terima kalah bertarung melawan Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa), Khofifah Indar Parawansa-Herman Sumawiredja berencana membawa Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim) 2013, ke Makamah Konstitusi (MK). 

Untuk mematangkan rencana itu, bersama dengan tim pemenangannya, Khofifah-Herman menggelar pertemuan tertutup di kediaman Gus Sholah, Pondok Pesantren Tebu Ireng, bersama sejumlah kiai. Pertemuan itu, diduga untuk mematangkan materi gugatan.

Usai pertemuan, Khofifah enggan memberikan komentar kepada wartawan. Namun, Gus Sholah membocorkan sedikit hasil pertemuan itu. Dia membenarkan, pertemuan itu guna mematangkan materi gugatan Pilgub Jatim 2013.

“Tim pemenangan Khofifah-Herman menyatakan, Pilgub Jatim, pada 29 Agustus 2013, sarat dengan kecurangan yang dilakukan pasangan incumben Karsa-Saifullah,” ujar Gus Sholah, kepada wartawan, Jumat (6/9/2013).

Namun begitu, dia enggan membeberkan bentuk kecurangan-kecurangan yang dimaksud. Sebab, materi itu masih terus digodok oleh tim, dan belum siap diumumkan.

“Tim kuasa hukum sedang bekerja mengumpulkan bukti-bukti yang dibutuhkan. Diantaranya dengan tidak disebarkannya ribuan undangan mencoblos kepada masyarakat di daerah-daerah yang menjadi basis pendukung Khofifah, hingga adanya dugaan perangkat desa yang mencoblosi sendiri surat suara,” bebernya.

Dia melanjutkan, pasca penetapan pemenang Pilkada Jatim 2013 oleh KPU Provinsi Jatim, jika bukti-bukti yang ada sudah lengkap, tim Khofifah-Herman akan segera mengajukan gugatan. Isi gugatan diantaranya menuntut pilkada ulang.(sin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *