Daftar Pilgub, KarSa Tunggu Istikharah Para Kiai

Daftar Pilgub, KarSa Tunggu Istikharah Para Kiai

Bintang Pos, Surabaya – Tahapan Pemilukada Jawa Timur mulai pada Senin, 13 Mei. Meski sudah menyatakan akan maju lagi, pasangan incumben atau petahana Soekarwo-Saifullah Yusuf (KarSa) masih menunggu hasil istikharah para kiai. 
“Belum ada keputusan (kapan mendaftar), karena ini adalah perbuatan baik kami masih menunggu istikharah para kiai,” kata Wakil Gubernur Saifullah Yusuf usai salat Jumat di Kantor Gubernur Jalan Pahlawan Surabaya, Jawa Timur, Jumat (10/5/2013).

Senada dikatakan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo. Menuru pria yang kerap disapa Pakde Karwo itu, KarSa akan daftar ke KPU namun belum ditentukan kapan waktu yang tepat.

Soekarwo juga enggan menyebut apakah pendaftaran KarSa ke KPU setelah atau sesudah Khofifah Indar Parawansah ini mendaftar.

“Iya belum, tadi ngitung hari baiknya kapan sama Gus Ipul kok belum ketemu,” kelakar Seokarwo.

Mantan Sekdaprov Jatim itu memastikan beberapa parpol pendukung memang sudah menyerahkan rekomendasi untuk maju di Pilgub Jatim. Sementara untuk PPP akan diserahkan pada Senin, 13 Mei sekira pukul 15.00 Wib di kantor DPW PPP. “Untuk PAN, tunggu jadwal saya dan Gus ipul datang ke kantornya,” tambahnya.

Sementara untuk Partai Gerindra penyerahannya dilakukan menunggu kedatangan Ketua DPD Partai Gerindra Jatim, Supriyatno, datang dari luar negeri dan PKNU sudah diserahkan beberapa waktu lalu. “Tinggal itu saja, yang lain sudah beres,” katanya.

Soekarwo juga memastikan dalam pencalonan KarSa di Pilgub Jatim 2013 ini tidak akan menarik iuran kepada sejumlah kader Partai Demokrat. Kondisi ini berbeda dengan yang dilakukan oleh PDIP yang menarik iuran sejumlah kader yang duduk di kursi legeslatif dan eksekutif untuk dana pemenangan Bambang DH-Said Abdullah (BDH-Said). “Ndak ada iuran untuk pencalonan.” tukasnya.

Mengacu jadwal tahapan di KPU Jatim pada 13-19 Mei pendaftaran bakal pasangan calon yang diajukan partai politik atau gabungan partai politik dan perseorangan. Pengumuman pasangan calon yang memenuhi persyaratan pada 8-14 Juli 2013. Kemudian pada 15-21 Juli 2013 penetapan, penentuan nomor urut dan pengumuman pasangan calon. (okz-pgh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *