Cara Sederhana Ini Dapat Meredakan Gangguan Sinusitis

Cara Sederhana Ini Dapat Meredakan Gangguan Sinusitis

Bintang Pos, Surabaya – Sinusitis adalah salah satu gangguan pernafasan yang ketika kambuh akan sangat mengganggu, khususnya di malam hari. Tersumbatnya hidung hingga bersin yang tak kunjung henti dapat menjadi salah satu tandanya.

Nah, jika Anda menderita penyakit sinusitis, Anda dapat meredakan gangguannya dengan beberapa tindakan sederhana. Seperti dikutip dari Times of India, Sabtu (1/6/2013) inilah penanganan sederhana untuk sinusitis.

1. Pastikan tubuh mendapatkan banyak cairan. Tubuh membutuhkan banyak cairan untuk meningkatkan kelembabannya, jadi pastikan Anda minum banyak cairan baik dari air, buah, ataupun sayuran.

2. Istirahat dan merilekskan tubuh sangant penting. Jadi, hindari untuk merasa khawatir dan berbaringlah.

3. Pastikan untuk mendapatkan waktu istirahat yang banyak, namun jika Anda harus bekerja hindari tidur terlalu larut.

4. Ambillah satu sendok teh madu dan air dari perasan separuh buah lemon. Kemudian larutkan dalam air hangat dan minum. Untuk pilihan lain Anda bisa menggunakan teh herbal atau teh biasa.

5. Konsumsi sup ayam. Sup ayam diyakini sebagai makanan yang baik di kala pilek. Walaupun ini tradisi lama, tapi hal ini masih relevan dilakukan.

6. Jika Anda tersiksa karena hidung tersumbat gunakan bantal untuk menopang kepala agar membantu meringankan pernafasan.

Selain itu, Anda juga dapat mencoba salah satu tekhnik Yoga Master Jala Neti yaitu mengambil dalam air garam hangat melalui satu lubang hidung sambil menekuk kepala ke samping dan membiarkannya keluar melalui lainnya. Lakukan ini dengan mulut terbuka untuk bernapas. (dtk)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *