Caleg PPP Wajib Bisa Baca Alquran

Caleg PPP Wajib Bisa Baca Alquran

Bintang Pos, Surabaya Massa pendaftaran untuk menjadi calon anggota legislatif telah dibuka. Beragam cara dilakukan partai politik untuk bisa menjaring calon anggota legislatif terbaik.

Seperti yang dilakukan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Situbondo, Jawa Timur yang mewajibkan 47 calon anggota legislatif bisa membaca Alquran.

Muhyidin, salah satu penguji caleg PPP membenarkan adanya syarat tersebut. Menurutnya, syarat wajib bisa membaca Alquran ada karena PPP partai beridiologi Islam.

Jika tidak bisa membaca Alquran, menurutnya, PPP sudah pasti tidak akan meloloskan kadernya menjadi caleg. Berutung, 47 caleg yang ikut seleksi pada Rabu (17/4/2013), bisa membaca Alquran semua dan dinyatakan lolos.

Berbeda dengan PPP, DPC Partai Golkar Situbondo mewajibkan caleg-nya untuk hafal Ikrar Panca Bakti Partai Golkar. Karuan saja, banyak caleg yang menghafal di luar ruang saat tes berlangsung.

Anton, salah satu Caleg Partai Golkar mengaku tak mempermasalahkan syarat tersebut. Menurutnya, dengan hafal Ikrar Panca Bakti akan menjadi kader partai beringin yang loyal. (okz-gug)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *