Buruh peringati “May Day” di Bandara Soekarno-Hatta

Buruh peringati “May Day” di Bandara Soekarno-Hatta

Bintang Pos, Tangerang – Puluhan ribu buruh dari berbagai aliansi di Tangerang, Banten, menurut rencana akan melakukan demo terkait peringatan hari buruh atau “May Day” pada 1 Mei di kawasan Bandara Soekarno-Hatta.


“Lokasi yang akan menjadi pusat titik demo adalah kawasan Bandara Soekarno-Hatta Tangerang,” kata Koordinator aksi, Koswara di Tangerang, Senin.

Tak hanya buruh, Koswara menuturkan, berbagai elemen masyarakat seperti nelayan, petani, mahasiswa hingga pekerja lainnya pun akan bergabung menjadi satu.

Nantinya, para buruh di wilayah Kabupaten Tangerang diperkirakan sebanyak lima ribu orang akan berkumpul di depan Polsek Cikupa untuk melakukan konvoi dengan kendaraan roda dua ke Pusat Pemerintahan Kota Tangerang.

Para buruh di wilayah Kabupaten Tangerang tersebut, akan bergabung dengan buruh yang berasal dari Kota Tangerang yang sebelumnya telah menuju Puspemkot Tangerang, termasuk buruh dari Kota Tangerang Selatan.

Setelah seluruh buruh bergabung, lanjut Koswara, kemudian akan bergerak menuju kawasan Bandara Soekarno-Hatta sebagai lokasi utama penyampaian tuntutan.

“Jadi, kawasan bandara Soekarno-Hatta akan dijadikan sebagai panggung utama penyampain tuntutan kepada pemerintah dalam peringatan May Day,” kata Koswara.

Adapun tuntutan yang akan disampaikan dalam peringatan May Day yakni penghapusan sistem kerja kontrak, menolak upah murah dan PHK secara mendadak, mendesak pemerintah untuk melakukan nasionalisasi aset asing, menolak kekerasan terhadap pekerja perempuan, menolak penghapusan serikat pekerja dan memberikan pelayanan kepada masyarakat tanpa syarat. (ant-pgh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *