Bupati Ra Latif Tanam Pohon di Tanah Merah Bernilai Ekonomis

Bupati Ra Latif Tanam Pohon di Tanah Merah Bernilai Ekonomis

BintangPos, Bangkalan – Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron Mengapresiasi komunitas pemuda pergerakan Peduli lingkungan (P3L) Jawa Timur Kabupaten Bangkalan yang telah berinisiatif melaksanakan penanaman pohon berupa Jati Emas di Desa Dumajah, Kecamatan Tanah Merah Kabupaten Bangkalan, Rabu (7/4/2021)

” Sudah saatnya masyarakat terutama kalangan pemuda serta pemerintah Kabupaten Bangkalan saling bersinergi dalam menjaga kelestarian lingkungan. Karena selain memberikan manfaat ekonomis bagi masyarakat juga untuk menghindari terjadinya bencana alam,” Ujarnya

Dijelaskannya, bahwa lingkungan hidup saat ini telah banyak yang rusak. Kata dia pencemaran udara mengakibatkan langit kurang cerah karena penuh dengan gas polusi. “Ini akibat ulah kita sendiri yang tidak bisa menjaga lingkungan,” ujarnya.

Gerakan pemuda sadar akan lingkungan yang dilaksanakan oleh P3L diharap menjadi contoh serta motivasi bagi masyarakat terutama generasi muda Bangkalan untuk menjaga kelestarian lingkungan.

“Penanaman pohon yang dilaksanakan pada hari ini merupakan gerakan nyata dari para generasi muda dalam menjaga kelestarian lingkungan, kami berharap semangat ini dapat diikuti oleh masyarakat. Terlebih lagi dengan penanaman pohon tidak hanya dapat mencegah terjadinya banjir dan menjadi filter bagi polusi udara, namun juga kedepan memberikan manfaat secara ekonomis pada masyarakat,” ujar Ra Latif

Dilanjutkanya, lahan di sekitar sudah terlihat gersang dan hutan banyak yang rusak. Akibatnya, pada musim hujan sering terjadi bencana banjir. Sebaliknya, pada musim kemarau mengalami kekeringan.

“Bencana banjir terjadi hampir setiap tahun Bangkalan. Mari terus jaga lingkungan, selain menanam pohon jangan buang sampah sembarangan,” kata Bupati.

Oleh sebab itu ia mengajak semua pihak untuk andil berupaya mengurangi terjadinya bencana. Minimal membuat resapan air atau cekungan untuk menampung air ketika hujan.

“Jadi kita apresiasi kegiatan P3L ini. Semoga penanaman pohon ini bermanfaat dan bisa mendatangkan nilai ekonomis bagi warga sekitarnya,” pungkasnya. Nhi

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *