Bupati KH Salwa Arifin Salurkan 6100 Vaksinasi PMK di Bondowoso

Bupati KH Salwa Arifin Salurkan 6100 Vaksinasi PMK di Bondowoso

Bintangpos.com, Bondowoso – Menjelang hari raya Idul Adha, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso menerima dosis vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak sebanyak 6100 Dosis dari pemerintah pusat. 6.100 dosis vaksin diberikan pada hewan ternak yang sehat. 

Bupati Bondowoso, KH. Salwa Arifin memaparkan pencanangan vaksinasi PMK telah di lakukan sejak beberapa hari yang lalu.

Kh Salwa, menjelaskan jika pihak Pemkab dalam tinjauannya adalah untuk memotivasi pusat Kesehatan Hewan (Keswan) agar lebih semangat lagi didalam penyaluran dosis vaksin. 

Selain itu para Keswan diminta untuk lebih teliti didalam penyaluran vaksin, harus memahami kriteria pemberian dosis vaksin PMK terhadap ternak. “Harus paham betul, dimana kriteria hewan yang harus di vaksin adalah yang pertama Sehat,” jelas KH Salwa. 

Dijelaskan KH Salwa ditengah wabah PMK ini, Pemerintah Desa sangat penting dalam memberikan edukasi – edukasi kepada para peternak agar bersedia untuk mengikuti program pemerintah dalam hal pemberian vaksin.

 “Peran perangkat desa kepada masyarakat adalah harus memberi pemahaman agar tidak takut jika hewan ternaknya di vaksin,” tuturnya.

Menurut Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (Disnakkan), Mohammad Halil mengungkapkan, sebelumnya pemerintah daerah setempat mendapatkan bantuan dosis vaksin sebanyak 5.100 dosis, dan di berikan tambahan sebanyak 1.000 dosis. 

“Sebelumnya kita mendapatkan bantuan sebanyak 5.100 dosis, dan setelahnya kita mendapatkan tambahan sebanyak 1.000 dosis,” ungkapnya saat menyampaikan laporan pada kegiatan vaksinasi di Desa Karang Mellok, Kecamatan Tamanan, Senin (4/7/2022). 

Dikatakan Halil, dari jumlah dosis vaksin ya g diterima pertama, pihaknya telah menyalurkan kepada 3.700 ekor hewan ternak yang tersebar di wilayah kecamatan  setempat. Selain itu, pihaknya juga telah melakukan koordinasi kepada pihak – pihak terkait untuk penyaluran dosis vaksin. “Telah kita salurkan kepada hewan ternak sebanyak 3.700 ekor dan sisanya akan segera di berikan kepada hewan yang masih belum menerima vaksin,” pungkasnya. bond

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *