Bupati Banyuwangi Siapkan Masker dan Sepatu untuk Penambang Ijen

Bupati Banyuwangi Siapkan Masker dan Sepatu untuk Penambang Ijen

Bintang Pos, Banyuwangi – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas siap memberikan masker dan sepatu untuk penambang belerang di Gunung Ijen. Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menggandeng kerjasama dengan Bank Indonesia.

Kesiapan ini menjawab permintaan penambang belerang di sana. “Untuk masker nanti akan segera kami kirimkan. Untuk sepatu Bank Jatim siap memberikan mudah-mudahan tidak lama lagi,” kata Anas, sebagaimana dilansir Humas Pemkab Banyuwangi, Kamis (1/8/2013).

Anas mengatakan, pihaknya bermaksud memotivasi dan mendorong para penambang agar meningkatkan kualitas hidup. Salah satunya adalah dengan pengasuransian jaminan sosial tenaga kerja. Bupati juga memberikan paket sembako kepada 290 orang penambang.

Perhatian Anas terhadap Ijen tak lepas dari keinginannya menjadikan kawasan itu sebagai kawasan wisata. Ia menyelesaikan pavingisasi di seluruh area kawah  Ijen, termasuk tempat parkir khusus, dalam tahun ini. Ia juga meminta kepada para penambang untuk ikut menjaga kebersihan lingkungan.

Anas juga merencanakan ada unit usaha kecil menengah yang berjualan souvenir khas Banyuwangi di kawasan Gunung Ijen. Ia berjanji secara bertahap akan menjadikan kawasan itu lebih tertata. “Konsep kami untuk memberdayakan masyarakat di sekitar kawasan pariwisata, karena semua akan dikelola masyarakat mulai dari toilet, parkir hingga guest house,” katanya. (brj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *