Bojonegoro Raih Penghargaan APEC

Bojonegoro Raih Penghargaan APEC

Bintang Pos, Surabaya – Kabupaten Bojonegoro mendapat penghargaan Sustainable Development Initiative Award dari Konferensi International Sustainable Development yang menjadi satu rangkaian agenda pertemuan Asia Pacific Economic Coordination (APEC) di Bali, Senin (7/10/2013).

Bojonegoro dianggap berhasil meningkatkan konektivitas antar kecamatan melalui program pavingisasi dan mendapat hadiah Rp 300 juta dari United in Diversity yang bekerjasama dengan United Nation SDSN (Sustainable Development Solution Network) Indonesia.

“Waktu itu saya minta Dinas PU mempelajari, mencoba membuat jalan sepanjang 600 meter dan melakukan riset bersama ITS. Dari situ kami putuskan paving digunakan untuk semua jalan di pedesaan,” urai Bupati Bojonegoro, Suyoto di sela-sela pertemuan dengan wartawan di Surabaya, Senin (7/10/2013).

Sejak 2009, saat jalan aspal yang baru berumur setahun mulai rusak dan hilang karena banjir, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro memutuskan untuk membuat jalan paving yang tahan terhadap banjir.

Dia menambahkan, pavingisasi awalnya dilakukan menggunakan model kontrak dan dilanjutkan dengan model sharing. Di tahap selanjutnya, masyarakat mulai tergerak ikut membiayai, memproduksi dan membangun serta melakukan perawatan.

“Akhirnya target konektivitas antar 28 kecamatan dan 430 desa bisa dipercepat atau 80 persen lebih baik dari sebelumnya,” tambah dia.

”Seluruh hadiah saya serahkan kepada rakyat Bojonegoro sebagai hadiah ulang tahun ke-336,” pungkasnya.(sry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *