BMKG ‘Banjir’ Permintaan Update Cuaca Dari Maskapai

BMKG ‘Banjir’ Permintaan Update Cuaca Dari Maskapai

Bintang Pos, Surabaya – Kondisi cuaca yang tidak menentu sangat mempengaruhi kondisi dalam penerbangan di Bandara Juanda. Karena sampai saat ini hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih turun meski sudah memasuki musim kemarau.

Menurut prakirawan BMKG Juanda, Taufiq Hermawan kepada detik.com, kondisi cuaca seperti saat ini sangat mempengaruhi kondisi penerbangan khususnya bagi pesawat komersil, Rabu (3/7/2013).

“Cuaca seperti ini juga sangat banyak mempengaruhi penerbangan di Bandara Juanda karena cuacanya tidak menentu,” katanya.

Taufiq juga mengaku, beberapa hari ini, pihaknya hampir setiap menit mendapatkan telepon dari maskapai untuk bertanya kondisi cuaca di Bandara Internasional Juanda. “Kami banyak menerima permintaan update prakiraan cuaca dari maskapai,” imbuhnya.

Selain itu, pihaknya juga terus mengupdate perkembangan cuaca kepada otoritas bandara sebagai panduan penerbangan.

Sebelumnya, BMKG Juanda menyebut, meski masih memasuki musim kemarau potensi terjadinya hujan masih berpeluang yang dipengaruhi beberapa faktor salah satunya, Edy atau pusaran udara yang tertutup di Kalimantan yang mempengaruhi masa udara di sepanjang Jawa Timur maupun terjadinya anomali cuaca yang disebabkan suhu permukaan di laut serta adanya tekanan rendah di Samudera Hindia sebelah barat Sumatera.

Perlu diketahui, sejak Selasa pagi (2/7) hingga Rabu pagi (3/7), Surabaya masih diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga lebat. Bahkan terjadi hujan lebat disertai angin. (dtk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *