Biola dari Kapal Titanic Ditemukan

Biola dari Kapal Titanic Ditemukan

Bintang Pos, Surabaya- Rumah lelang Inggris, Henry Aldrige & Son menegaskan, mereka berhasil menemukan biola yang dimainan kelompok musik utama kapal Titanic saat kapal penumpang itu tenggelam pada tahun 1912 lalu.

Mereka yang selamat dari musibah Titanic mengatakan, mereka masih ingat bagaimana kelompok music pimpinan Wallace Hartley masih tetap menghibur di atas dek Titanic saat para penumpang naik ke sekoci penyelamat setelah Titanic menghantam gunung es.

Biola Hartley diyakini hilang saat bencana Titanic terjadi pada tahun 1912 dalam perjalanan dari Inggris ke New York, AS pada pelayaran perdana. Namun rumah lelang Henry Aldridge & Son mengatakan biola milik Hartley ini berhasil ditemukan kembali tahun 2006 dan setelah melalui berbagai uji keaslian maka bisa dipastikan bahwa biola tadi milik Hartley yang masih menghibur penumpang pada saat Titanic sedang tenggelam.

Sebagaimana dikutip kantor berita AP hari Jumat (15/3), rumah lelang ini menegaskan telah melakukan pembuktian selama tujuh tahun dan mengeluarkan biaya ribuan poundsterling untuk biola ini asli milik Hartley yang dimainkan di Titanic. Pentelian ini melibatkan sejumlah pakar termasuk ahli forensic dan Universitas Oxford.

Biola ini direncana akan digelar sebuah Belfast City Hall, hanya berjarak kurang dari satu mil dengan galangan kapal di mana Titanic dibuat. Titanic tenggelam pada 15 April 1912 setelah menabrak gunung es pada jam 11.40 malam. Saat itu Titanic yang berangkat dari Pelabuhan Southhamptom pada 10 April 1912 membawa 2.224 penumpang dan awak. Dalam musibah ini 1.502 orang tewas (kmp-pgh)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *