Bersin & Hidung Gatal, Gejala Flu atau Alergi?

Bersin & Hidung Gatal, Gejala Flu atau Alergi?

Bintang Pos, Surabaya – BAGI beberapa orang, mungkin tidak bisa membedakan antara alergi dan flu. Keduanya tampak serupa, khususnya bagi mereka yang mengalami gejala berupa bersin, hidung gatal, atau gejala lain yang hampir sama. Agar tidak salah mengambil tindakan, ketahui perbedaan antara flu dan alergi.

Gejala berupa sakit tenggorokan, bersin, batuk dan hidung tersumbat, bisa terjadi pada penderita flu ataupun alergi. Hal tersebut memang membuat Anda kesulitan untuk membedakan penyakit mana yang Anda derita. Untuk membantu Anda mendeteksi perbedaan antara dlu dan alergi, berikut ini adalah perbedaan yang bisa Anda kenali seperti yang dilansir Healthmeup.

Flu

Biasanya, flu berlangsung sekira tiga hingga empat belas hari. Flu menyerang pada cuaca tertentu atau adanya perubahan suhu, bahkan bisa terjadi setiap saat sepanjang tahun jika imun Anda tidak baik. Gejala biasanya muncul beberapa hari kemudian setelah infeksi virus menyerang. Batuk dan sakit tenggorokan sering terjadi dan dapat disertai dengan nyeri tubuh dan rasa lelah. Demam dan mata gatal berair juga bisa muncul, seringkali keluar ingus dari hidung akibat adanya infeksi.

Alergi

Alergi disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif pada hal-hal yang sebenarnya tidak membahayakan tubuh. Tubuh Anda melepaskan zat kimia seperti histamin, seperti halnya saat melawan flu. Hal ini dapat menyebabkan pembengkakan pada hidung Anda, pilek, batuk, dan bersin. Waktu dari serangan alergi bisa berlangsung dari hitungan hari hingga bulan, sepanjang Anda terkena alergi. Gejalanya mirip dengan flu, batuk, sakit tenggorokan, lelah, disertai gatal, mata berair, namun demam jarang terjadi. Kadang keluar ingus namun, jernih, tipis dan berair. (oke-pgh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *