Beroperasi 10 November, Hanya untuk 3 Maskapai

Beroperasi 10 November, Hanya untuk 3 Maskapai

SURABAYA- Tak sampai  sebulan, Terbardier, ada area khusus di lantai 1. Jenis pesawat ini, kata Alip, memiliki karakteristik lebih rendah dan pendek, sehingga tidak memungkinkan jika penumpang masuk dari lantai 2 menggunakan garbarata. Garuda Indonesia rencananya bakal mengoperasikan bombardier di Terminal 2 Juanda. Adapun keberangkatan jenis pesawat narrow body dan wide body melalui lantai 2 serta memakai garbarata sebagai penghubung antara kabin pesawat dengan ruang tunggu.
Menurut pimpinan proyek Terminal 2 Juanda, Alip Nugroho, ada tiga maskapai nasional yang akan mendapat kesempatan menggunakan terminal modern itu. Mereka adalah maskapai Garuda Indonesia, AirAsia Indonesia, dan Mandala Airlines.

Maskapai lain tetap melayani penumpang dari dan ke Surabaya di Terminal 1 Juanda. “Hanya tiga maskapai nasional yang ditawari melayani penumpang di Terminal 2 Juanda,” kata Alip dilansir tempo.

Alip menuturkan, sebelumnya konsep Terminal 2 Juanda dirancang hanya untuk maskapai Garuda Indonesia yang melayani penerbangan domestik dan maskapai internasional lainnya. Setelah dihitung-hitung, rencana ini kurang menguntungkan bagi penyewa stan di area Terminal 2 Juanda. Pengelola Bandara lantas mengundang maskapai domestik lain untuk mengisi terminal baru.

Dari laporan yang diterima PT Angkasa Pura I, kata Alip, penumpang Garuda Indonesia untuk rute-rute domestik sebanyak 1,5 juta orang, terhitung sejak Januari-September 2013. Melalui direktur komersial PT Angkasa Pura I, pihaknya merevisi maskapai domestik yang beroperasi di Terminal 2 Juanda.

Dari tiga maskapai itu, Alip memperkirakan jumlah penumpang domestik di Terminal 2 Juanda dalam periode satu tahun mencapai 5 juta orang, mendekati kapasitas terminal yang mampu menampung 6,5 juta orang per tahun.

Terminal 1 Juanda hanya dikhususkan melayani rute-rute domestik di luar tiga maskapai tadi. Lion Air, Citilink, Sriwijaya Airlines dan maskapai lainnya tetap menggunakan Terminal 1 Juanda. Terminal 1 dan 2 Juanda didesain masing-masing mampu menampung 6,5 juta penumpang per tahun. Dengan begitu, kapasitas Bandara Juanda mampu menampung 13 juta penumpang per tahun. Tahun 2012, jumlah pergerakan penumpang di Bandara Juanda sebanyak 16,3 juta orang. spo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *