Beres Cuti, Ayo Balik ke Kampus!

Beres Cuti, Ayo Balik ke Kampus!

Bintang Pos, Surabaya– Setelah beberapa semester cuti kuliah karena berbagai sebab, mahasiswa biasanya tergerak untuk kembali ke kampus dan menyelesaikan kuliah. Tetapi, ada juga yang mulai asyik dengan cuti yang dijalaninya dan enggan kembali ke kampus. 

Sasa, mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Jayabaya adalah salah satu mahasiswa yang ingin meneruskan kuliahnya setelah cuti beberapa lama. Keinginan Sasa kembali ke kampus juga didorong peringatan dari kedua orangtuanya untuk fokus kuliah.

“Orangtua saya menyuruh untuk berhenti bekerja supaya secepatnya lulus,” tutur Sasa, Sabtu (16/3/2013).

Selama cuti, Sasa mengisi waktu dengan bekerja. Dari aktivitasnya itu, Sasa mengaku mendapat penghasilan tambahan yang lumayan. “Apalagi ‘kan cewek punya lebih banyak keperluan. Jadi kurang saja kalau hanya bergantung pada uang jajan dari ortu,” imbuhnya.

Namun, kembali ke kampus usai masa cuti, bisa jadi masa yang menyulitkan bagi sebagian orang. Hal ini dialami Ririn. Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) STIKOM Interstudi ini bercerita, ketika mulai aktif kuliah, dia merasa seperti mahasiswa angkatan baru. Ririn sendiri merupakan mahasiswa angkatan 2006.

“Teman-teman seangkatan saya sudah jarang kelihatan karena banyak yang sudah lulus, termasuk teman-teman akrab saya. Keadaan kampus juga sudah berbeda. Dan parahnya lagi, beberapa mata kuliah pilihan sekarang menjadi mata kuliah wajib yang harus saya ambil, memang sial,” celotehnya.

Kekagetan yang sama dirasakan Fadhilah. Ketika kembali berkuliah, dia kaget dengan perubahan-perubahan akademik di kampusnya, Universitas Sahid (Usahid). Sekarang ini pihak kampus menyediakan pelayanan online agar memudahkan para mahasiswanya mengakses semua kegiatan akademik dan non-akademik.

“Gara-gara sudah dapat diakses secara online, saya bisa melihat mata kuliah apa saja yang harus saya pilih sesuai jurusan yang saya ambil. Saya tidak perlu lagi konsultasi dengan dosen pembimbing akademik (PA) karena semua informasi sudah tersedia di website,” ujar Fadhilah.(oke-kba)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *