Berbau Politis, Progam Pak Kumis Ganti Nama

Berbau Politis, Progam Pak Kumis Ganti Nama

 Bintang Pos, Surabaya – Dianggap berbau politis, Program Program Paket Kredit Masyarakat Ingin Sejahtera atau disingkat Pak Kumis milik Bank UMKM Jatim akhirnya ganti nama. Pasalnya, program tersebut diidentikkan dengan pasangan Incumbent yaknis Soekarwo-Saifullah Yusuf (KarSa) yang hendak maju dalam Pilgub Jatim 29 Agustus mendatang.
Gubernur Jawa Timur menyatakan sudah melakukan kordinasi setelah muncul sorotan tajam atas program yang digagas oleh Bank UMKM Jatim itu. “Saya sudah panggil dengan Pak Sekdaprop, pimpinan Bank UMK. Intinya saya meminta singkatannya diganti, namun fokusnya jangan sampai hilang,” kata Pakde Karwo kepada Wartawan di Surabaya.

Terlepas nanti namanya apa diserakan kepada Bank UMKM Jatim. Bahkan, Pakde Karwo mengaku minta maaf dan meminta untuk merubah singkatannya tersebut. “Namanya apa nanti itu urusan mereka (Bank UMKM),” cetusnya. Kata Soekarwo, program ini sangat bagus karena membantu warga tidak mampu dengan meminjamkan Rp2,5 Juta tanpa agunan. Dan Sasarannya adalah pedagang kaki lima, mahasiswa dan masyarakat kecil tanpa jaminan.

Untuk diketahui, Program Pak Kumis ini dilaunching di Politeknik Negeri Malang (Polinema). Program ini memberikan kredit maksimal sebanyak Rp 2,5 juta.

Persyaratan yang dibutuhkan hanya KTP Bunga yang ditawarkan cukup rendah yakni 6 persen untuk satu tahun atau 0,5 persen per bulannya.Program ini akan mengurangi dan menyelesaikan permasalahan bank titil secara perlahan. Ini disebabkan karena persyaratan atau skema Program Pak Kumis hanya membutuhkan fotokopi KTP atau kartu mahasiswa, langsung bisa cair kreditnya. Bunganya jauh lebih ringan dibandingkan dengan bank titil. (kbj-pgh)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *