Bekas menteri luar negeri Israel didakwa korupsi

Bekas menteri luar negeri Israel didakwa korupsi

Bintang Post (Yerusalem ) – Mantan Menteri Luar Negeri Israel, Avigdor Lieberman, disidang di Pengadilan Yerusalem atas tuduhan korupsi dan melanggar kepercayaan, Minggu.

Sidang itu ditangani tiga hakim, yang menurut rencana dibuka pada pukul 12.00 GMT (19.00 WIB), dengan Lieberman menyatakan yakin akan bebas dari semua tuduhan dan kembali memangku jabatan menteri luar negeri.

Pertengahan Desember, Jaksa Agung Israel, Yehuda Weinstei, mengatakan dia menuduh Lieberman dengan dua pelanggaran atas promosi mantan Duta Besar Israel untuk Belarus, Zeev Ben Aryeh.

Liebermean segera mengundurkan diri dari jabatan kabinetnya menyangkut kasus yang terjadi pada Oktober 2008 ketika menjadi anggota parlemen.

Menurut surat dakwaan,Lieberman dituduh diberi tahu Aryeh bahwa polisi Israel telah menghubungi rekan-rekan mereka di Belarus untuk membantu penyelidikan kasus-kasusnya.

Ia kemudian diduga berusaha meminta imbalan kepada Aryeh bagi satu jabatan di Latvia.

Lieberman yang berhaluan keras telah diselidiki oleh polisi beberapa kali sejak 1996, membantah tuuduhan-tuduhan terhadap dirinya, dan mengatakan ia skan membela diri di pengadilan.(ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *