Banyak Laporan Pelanggaran PNS Lumajang

Banyak Laporan Pelanggaran PNS Lumajang

Bintang Pos, Lumajang – Inspektorat Pemkab Lumajang banyak sekali laporan mengenai ketidak-disiplinan para Pegawai Negeri Sipil (PNS. Bahkan, laporan yang masuk dari masyarakat dan internal dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sendiri.

Kepala Inspektorat Pemkab Lumajang Hanifah Eka Siwi mengatakan, ada perubahan dari pengawasan melekat (Waskat) ke Sistem Pengendali Internal (SPI) sesui dengan PP 60 tahun 2008. “Kedisipilinan PNS menurun di tahun 2012 hingga saat ini,” ungkapnya.

Lanjut dia, laporan masyarakat meningkat 2012, rata-rata masalah pelanggaran kedisiplin, misalnya jam kerja. Bahkan, banyak PNS yang bolos dan tidak masuk kerja lebih dari 15 hari. “Ini sudah ada  yang kena pemecatan,” ungkap perempuan murah senyum itu.

Inspekorat yang hanya melakukan penyidikan dan pembinaan, menyerahkan untuk sanksi ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD). Dengan adanya sanksi, diharapkan menjadi efek jera para PNS tidak disiplin.

Mengenai banyaknya laporan masyarakat ketidak siplinan PNS yang seharusnya disikapi oleh SPI, Inspekorat akan mengkaji dan mengefektikan kinerja SPI.(bjt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *