Bangun Karakter Siswa Dengan Dongeng

Bangun Karakter Siswa Dengan Dongeng

Bintang Pos, Surabaya – Mengingat betapa pentingnya pendidikan karakter pada anak usia dini. Siang tadi beberapa Mahasiswa asal Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menggelar workshop Membangun karakter siswa dengan seni dongeng.

Workshop yang digelar di Pendapa Pemkab Kabupaten Bojonegoro, itu diikuti sekitar 75 peserta yang terdiri atas perwakilan mahasiswa Unesa, perwakillan Mahasiswa Bojonegoro dan sejumlah Guru PAUD dan TK se-Kabupaten Bojonegoro.

Ketua Panitia, M Yahya menjelaskan, Pendidikan karakter bisa juga dibangun melalui seni dongeng, selain bisa menjadikan alat atau jembatan untuk tercapainya misi dan visi pendidikan karakter. Dongeng juga dapat mengasah fantasi dan imasjinasi anak didik di sekolah.

“Mendongeng juga sebagai metode penyampaian pesan-pesan moral yang sangat efektif kepada siswa,” jelasnya, Sabtu, (30/3/2013).

Bahkan tidak hanya itu saja, lanjut dia, kegiatan mendongeng juga merupakan alat terbaik dalam proses peyegaran dari suasana yang menegangkan kembali ke suasana yang meyenangkan.

“Pendidikan berkarakter yang didalamnya terdiri dari bayak tujuan positif seperti mendidik dan membina anak lebih kreatif, mandiri dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,” imbuh dia.

Selain pemberian materi tentang pendidikan karakter, peserta yang hadir dalam workshop tersebut juga dihibur dengan penampilan pantomim dan dongeng dari beberapa Mahasiswa Unesa. (brj-kba)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *