Bajak Pesawat Bisa dengan HP Android

Bajak Pesawat Bisa dengan HP Android

Bintang Pos, Surabaya: AMSTERDAM — Peneliti keamanan menemukan pesawat komersial bisa dibajak menggunakan telepon genggam dengan aplikasi android. Konsultan keamanan, Hugo Teso, mendemonstrasikan pembajak dapat mengontrol pesawat dan menabrakkannya dari tempat duduk mereka.

DilaporkanHuffingtonpost, Teso yang merupakan mantan pilot menjelaskan bagaimana dia bisa mengumpulkan informasi tentang pesawat terbang dan membuat jaringan eksploitasi burung besi tersebut. Dia membuat aplikasi yang dikenal dengan PlaneSploit untuk memanipulasinya.

Dengan menggunakan telepon genggam dia mengirimkan pesan kepada sistem manajemen penerbangan. Teknik tersebut bergantung pada dua teknologi, yakni pengiriman informasi ke pengontrol lalu lintas udara dan sistem komunikasi antarpesawat. Dengan mengirim pesan palsu dari telepon, dia mampu menunjukkan bagaimana aplikasi yang sama dapat mengambil kendali dari pesawat.

Teso juga menunjukkan bagaimana telepon dapat digunakan sebagai alat pengendali yang menggerakkan pesawat. Hasil pekerjaannya itu akan didesain untuk menutup celah keamanan di penerbangan. Namun, hal itu memberi kekhawatiran pesawat tidak lagi terancam oleh bom atau pisau, namun sesuatu yang biasa ada di kantong baju penumpang, telepon genggam.(rpb-pgh)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *