AS tolak tudingan berkolusi dengan Taliban

AS tolak tudingan berkolusi dengan Taliban

Bintang Pos, Surabaya – Gedung Putih menolak keras tuduhan Presiden Afghanistan Hamid Karzai bahwa Amerika Serikat berkolusi dengan Taliban untuk membenarkan kehadiran pasukan AS di negaranya.

“Itu pasti salah, dan tak seorang pun percaya itu,” kata juru bicara Gedung Putih Jay Carney seperti dikutip AFP, Selasa.

Karzai menuduh pemboman terhadap Taliban membantu Amerika Serikat tetap menghadirkan militernya secara jangka panjang di Afghanistan.  Dia juga menuduh Washington melakukan pembicaraan “setiap hari” dengan gerilyawan di balik punggung pemerintahannya.

“Ini adalah slogan mereka untuk 2014, untuk menakut-nakuti kita bahwa jika AS tidak ada di sini, orang-orang kami akan disingkirkan,” kata Karzai.

Menteri Pertahanan Chuck Hagel mengatakan kepada Karzai bahwa tuduhan itu tidak benar, tetapi dia meremehkan komentar Karzai dengan mengatakan pemimpin Afghanistan itu sedang menghadapi tekanan politik.

Komandan pasukan AS dan NATO di Afghanistan, Jenderal Joseph Dunford juga menyebut tudingan-tudingan Karzai itu salah.

“Amerika Serikat telah menghabiskan darah dan harta banyak selama 12 terakhir tahun mendukung rakyat Afghanistan dalam upaya menjamin stabilitas dan keamanan di negara itu,” katanya. (ant-pgh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *