AS Keluarkan Maklumat Soal Aktivitas Muslim di Bandara

AS Keluarkan Maklumat Soal Aktivitas Muslim di Bandara

Bintang Pos, Washington – Badan Keamanan Transportasi Amerika Serikat (TSA) mengimbau warga yang ingin bepergian tidak kaget melihat aktivitas umat Muslim selama Ramadan di bandara. Hal serupa juga telah disampaikan TSA pada para pekerja bandara dan maskapai penerbangan. 

Diberitakan US News, awal pekan ini, TSA mengeluarkan maklumat yang berisikan praktik ibadah umat Muslim yang mungkin dilakukan di bandara. Di antaranya mengambil wudhu di toilet bandara, salat di pesawat, dan membaca Al-Quran di pesawat atau bandara.

“TSA telah mengingatkan aparat keamanan bahwa kemungkinan ada penumpang yang melakukan praktik ibadah atau meditasi selama Ramadan,” ujar pernyataan TSA.

Penumpang non-Muslim atau petugas diminta tidak kaget dan bertindak sewajarnya jika menyaksikan ibadah Muslim. Jangan kaget juga jika menemukan umat Muslim mencuci kaki dan tangan mereka di toilet.

“Sebelum ibadah, Muslim mensucikan diri, contohnya membersihkan atau mencuci beberapa anggota tubuh yang biasanya diusahakan dilakukan di tempat tertutup, namun kadang dilakukan di toilet bandara,” ujar pernyataan TSA lagi.

Penumpang non-Muslim juga diminta bertindak biasa saja jika melihat Muslim mengaji di bandara atau pesawat. “Mereka juga mungkin membawa biji tasbih dan sering membacakan doa dengan berbisik,” jelas TSA.

Maklumat ini disambut baik oleh Dewan Hubungan Islam-Amerika, organisasi advokasi Muslim di negara tersebut. “Kami menghargai TSA mengambil inisiatif dalam masalah ini dan telah membantu mencegah adanya kesalahpahaman pada publik dan aparat keamanan,” ujar juru bicara organisasi ini, Ibrahim Hooper.

Tanggal 1 Ramadan 1434 H di Amerika Serikat jatuh pada hari Selasa, 9 Juli 2013. Warga Muslim AS akan berpuasa di tengah teriknya matahari musim panas. Di bulan ini, matahari bisa terbit lebih dari 15 jam sehari. (viv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *