Apple luncurkan iMac dan iPad Pro chip M1

Apple luncurkan iMac dan iPad Pro chip M1

Bintangpos, Jakarta – Apple meluncurkan serangkaian gawai baru pada perhelatan virtual yang berlangsung pada Selasa (20/4) waktu setempat, termasuk diantaranya iPad Pro dan iMac yang ditenagai chip M1.

“M1 merupakan lompatan besar untuk Mac dan hari ini kami dengan senang hari memperkenalkan iMac terbaru, Mac perdana yang dirancang dengan chip M1,” kata wakil direktur senior pemasaran global di Apple, Greg Joswiak, dalam siaran pers, dikutip Rabu.

iMac
Komputer iMac hadir dengan warna-warni yang ceria, yakni hijau, kuning, oranye, merah mudah, ungu, biru dan perak.

Komputer ini berukuran 24 inci dengan Retina display 4,5K, dilengkapi dengan teknologi True Tone yang bisa menyesuaikan temperatur warna dengan pencahayaan sekitar.

iMac terbaru juga menawarkan desain yang lebih tipis dan padat, Apple mengurangi ukuran ? dan thermal sehingga bagian samping layar juga ikut berkurang. Apple mengklaim volume iMac terbaru ini menyusut 50 persen dibandingkan generasi sebelumnya sehingga ruang penyimpanan untuk komputer ini juga lebih kecil.

Fitur utama iMac terletak pada chip M1, yang sebelumnya digunakan di lini MacBook. Chip M1 menawarkan CPU dan GPU berinti delapan sehingga rendah daya sekaligus menawarkan grafis yang terintegrasi.

Performa CPU pada chip ini 85 persen lebih cepat, sementara GPU dua kali lebih cepat pada aplikasi tertentu, seperti Photoshop, dan 50 persen lebih cepat dibandingkan grafis discrete di iMac 21,5 inci.

Fitur pemindai sidik jari Touch ID akhirnya disematkan pada iMac generasi terbaru ini, yang diletakkan pada Magic Keyboard nirkabel. Apple menjanjikan keamanan khusus yang menghubungkan pemindai langsung ke Secure Enclave di chip M1.

iMac terbaru ditawarkan mulai dari 1.299 dolar Amerika Serikat, atau sekitar Rp18,9 juta.

iPad Pro
Tablet iPad Pro generasi terbaru dari Apple juga menggunakan chip M1, yang menjanjikan performa dan kecepatan lebih tinggi dibandingkan chip di iPad Pro generasi sebelumnya.

M1 memberikan CPU 50 persen lebih cepat dibandingkan chip A12Z Bionic pada iPad Pro generasi terdahulu, sementara dari segi GPU hingga 40 persen lebih cepat. Tablet ini juga dilengkapi dengan 16-core Apple Neural Engine generasi terbaru dan image signal processor (ISP) tingkat lanjut.

Memori yang ditawarkan pada iPad Pro terbaru hingga 16GB, sementara kapasitas penyimpanan hingga 2TB.

Layar seluas 12,9 inci pada iPad Pro menggunakan display Liquid Retina XDR, menggunakan mini-LED yang menggunakan lebih dari 10.000 LED untuk layar.

iPad Pro generasi terbaru juga hadir dengan pilihan layar 11 inci, juga dengan layar Liquid Retina XDR.

Tablet yang mendukung jaringan 5G ini hadir dengan sistem pengisian daya Thunderbolt dan USB-C.

iPad Pro 2021 hadir dengan kamera ultra-wide 12MP. Perangkat ini dijual seharga mulai dari 799 dolar AS(sekitar Rp11,6 juta) untuk versi 11 inci dan mulai dari 1.099 dolar AS (sekitar Rp16 juta) untuk layar 12 inci. ant

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *