Apa Lagi yang Perlu Selain Informasi Beasiswa?

Apa Lagi yang Perlu Selain Informasi Beasiswa?

Bintang Pos, Surabaya – Saat ini, peluang beasiswa ke luar negeri sangat banyak. Berbagai beasiswa ke luar negeri ditawarkan dalam berbagai bentuk. Dengan bantuan internet, berbagai informasi tentang peluang beasiswa ke luar negeri mudah diperoleh. Hanya saja, keterampilan untuk memperoleh beasiswa tetap harus dikuasai agar bisa mengegolkan keinginan meraih beasiswa ke luar negeri.

“Informasi saja tidak cukup. Peminat beasiswa harus menguasai keterampilan dan memperhatikan detil syarat mengajukan beasiswa,” kata Haryani Saptaningtyas dari Solo Research Network (Sorene), lembaga riset di Kota Solo, Jawa Tengah, Jumat (31/5/2013).

Haryani meraih beasiswa dari Ford Foundation untuk program master di bidang Antropologi Universitas Maastricht, Belanda. Menurut Haryani, ada beberapa kualitas yang harus dimiliki pelamar beasiswa, antara lain mentalitas yang kuat dan keterampilan ‘menjual diri’ melalui surat motivasi, curriculum vitae, rencana penelitian, dan menghadapi wawancara seleksi.

Kualitas lain yang akan menjadi nilai lebih yang diperhitungkan adalah aktivitas di organisasi masyarakat, kepemimpinan, dan kemampuan beradaptasi dengan orang dari berbagai latar belakang budaya, negara, suku, dan bahasa.

Untuk itu, menurutnya, Sorene ingin berbagi mengenai tips dan trik meraih beasiswa ke luar negeri dalam acara workshop How to Win International Scholarships tanggal 1 Juni 2013 di de Solo Boutique Hotel, Kota Solo, Jawa Tengah. Para pembicara yang akan hadir adalah orang yang berpengalaman mendapatkan berbagai beasiswa ke luar negeri, seperti Dicky Sofjan, S.Ip, MA, MPP, PhD (aktif di lembaga INA Frontier dan ICRS, Yogyakarta serta alumni Chevening, Fulbright, dan Asian Public Intellectual), Haryani Saptaningtyas, MSc (alumni beasiswa Ford Foundation), Ismail Yahya, MA (alumni program Australian-Indonesia Partnerships dan dosen IAIN Surakarta), Alida Szabo, Joseph Bertha, dan Jessica yang merupakan fasilitator fellowship di beberapa universitas di Yogyakarta.

“Kami ingin mendorong agar lebih banyak pelajar, mahasiswa, dosen, peneliti, aktivis dan profesional di Indonesia yang memenangkan berbagai macam beasiswa dan sekolah gratis di luar negeri. Kami ingin berbagi pengalaman membuat surat motivasi dan CV yang menarik, proposal riset, surat rekomendasi hingga simulasi wawancara dan detil-detil lain yang harus diperhatikan,” kata Haryani. (kmp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *