Akbar Tanjung Siap Jadi Capres

Akbar Tanjung Siap Jadi Capres

Jakarta – Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar, Akbar Tanjung menyatakan siap meladeni pertarungan politik dalam bursa pemilihan umum (pemilu) 2014. Mantan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) ini mengatakan, siap untuk di calonkan sebagai presiden (capres), atau wakil presiden (cawapres) sekalipun.

”Kalau ada capres-capres, atau tokoh-tokoh yang mengajak saya (untuk diusung jadi capres atau cawapres), saya katakan kesiapan saya,” ujar dia, saat menjamu wartawan dikediamannya, di Jakarta, Rabu (12/3).

Kata dia, tidak ada alasan apa pun menutup diri untuk ikut serta dalam konstelasi politik menuju pucuk karir domestik itu.Akbar menerangkan, Golkar memang sudah punya capres sendiri, yakni Ketua Umum Partai Golkar Abu Rizal Bakrie (Ical).

Keputusan partainya itu, dinilai dia, sudah tak bisa lagi diutak-atik. Menurut dia, dirinya tidak lagi mungkin dicalonkan jadi capres dari partai tempat dirinya menempa karir tersebut.Akan tetapi, dikatakan olehnya, kesiapan personal siapa saja, jika diusung menjadi kandidat, maka, ungkapan tidak siap, adalah keputusan yang keliru.

”Kalaulah saya dicalonkan (jadi capres dari Golkar), saya katakan tidak,” ungkap dia.

Akbar pun meyakinkan, tetap mendukung ketua umumnya, untuk duduk di Istana Presiden.Pernyataan sikap Akbar dalam kontestasi politik tahun sekarang, tentu tidak lagi mengejutkan. Sebab, tokoh politik nasional ini, memang dinilai banyak pengamat sebagai politisi yang masih pantas memimpin.

Meski pun, sejak lengser dari Senayan satu dekade lalu, dan tidak lagi muncul diberbagai media dan pemberitaan, Akbar masih dijagokan.Baru-baru ini, Ahad (9/3), menurut lembaga penelitian politik nasional, Freedom Foundation mengatakan, Akbar adalah ‘kuda hitam’ dalam bursa capres atau pun cawapres.

Dalam rilis hasil survei tentang elektabilitas capres dan cawapres saat ini, Direktur Riset Mohammad Nabil mengatakan, keterpilihan Akbar, diatas capres dari Golkar, Ical. Yakni diatas delapan persen.Menanggapi hasil survei tersebut, Akbar mengatakan, hasil lembaga survei apa pun, pantas untuk dijadikan pertimbangan politik. Sebab itu, dia mengatakan, akan siap jika ada ‘undangan’.rep

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *