Akbar Tandjung katakan parpol sedang krisis kepercayaan

Akbar Tandjung katakan parpol sedang krisis kepercayaan

Malang  – Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Akbar Tandjung mengatakan partai-partai politik (parpol) saat ini sedang mengalami krisis kepercayaan.“Parpol saat ini lebih banyak dijadikan alat atau kendaraan politik yang bersifat pragmatis, bahkan mengabaikan fungsi-fungsi politik penting lainnya,” kata Akbar usai memberikan orasi ilmiah di hadapan rwisudawan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Sabtu.

Fungsi-fungsi parpol yang tidak berjalan, kata Akbar, di antaranya fungsi pendidikan politik, kaderisasi, manajemen konflik, jembatan masyarakat dengan pemerintah serta mempengaruhi kebijakan politik.

Akbar mengatakan, partai-partai politik akhir-akhir ini juga banyak dikritik karena tidak optimal dalam melakukan pengkaderan di internal partai dan kurang menunjukkan kesungguhan dalam menciptakan tradisi demokrasi politik internal yang baik.

Menurut dia, parpol harus segera memperkuat kelembagaan politik, sistem partai dan kondisi internal partai.

“Pemilihan anggota legislatif tahun depan diharapkan sudah lebih baik dan demokrasi yang kita terapkan lebih berkualitas,” katanya.

“Suhu politik menjelang pemilu memang semakin tinggi, namun kita harus tetap jaga kualitas demokrasi kita. Jangan sampai terjebak pada praktik-praktik antidemokrasi,” demikian Akbar Tandjung.atn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *