Ada Germo Daftar Caleg Demokrat

Ada Germo Daftar Caleg Demokrat

Bintang Pos, Surabaya – Partai Demokrat akan menyeleksi ketat para calon legislatif yang akan mencalonkan diri maju dalam Pemilu 2014.
Hal itu dikatakan oleh Wakil Sekjen Partai Demokrat Ramadhan Pohan menanggapi kabar adanya seorang germo yang mendaftarkan diri sebagai caleg di partai besutan SBY itu.

“Orang mendaftar nanti kita lihat diterima atau tidak. Apa benar dia germo atau tidak itu nantilah, yang pasti kita hormati HAM dulu. Jangan sampai kita menghina orang,” ujar Ramadhan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (27/3/2013).

Ramadhan menjelaskan bahwa syarat untuk menjadi caleg di partainya haruslah terbebas dari perkara hukum. Jika orang tersebut bebas dari jeratan hukum, maka partai tidak akan menghalanginya untuk maju.

“Enggak masalah sepanjang dia tidak melanggar hukum dan etika, persyaratan terpenuhi,” kata anggota Komisi I DPR itu.

Lebih lanjut Ramadhan mengatakan bahwa diterima atau tidaknya caleg tersebut di Demokrat akan didasarkan pada penilaian atau uji publik setelah daftar caleg sementara (DCS) keluar.

“DCS keluar nantilah dilihat. Kalau ada yang keberatan silahkan dilihat di sana, nanti ada uji publik. Ini untuk antisipasi jangan sampai melanggar HAM orang. Kalau dia memenuhi syarat, tapi ada keberatan nanti ada penilaian,” tegasnya.

Seperti diberitakan, seorang germo dikabarkan mendaftarkan diri sebagai caleg di DPD Partai Demokrat Jawa Timur. Caleg tersebut beinisial Y yang dikabarkan bekerja di sebuah tempat hiburan malam terkenal di Surabaya. Dia akan maju sebagai caleg untuk DPRD Jawa Timur. (okz-pgh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *