998.463 Pemilih Berikan Hak Suara Pilkada Jombang

998.463 Pemilih Berikan Hak Suara Pilkada Jombang

Bintang Pos, Jombang – Sebanyak 998.463 pemilih akan memberikan hak suaranya pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Jombang pada hari ini, Rabu, 5 Juni 2013.

“Kami minta semua warga memberikan hak suaranya di tempat pemungutan,” kata Ketua KPU Kabupaten Jombang Machwal Huda di Jombang, Rabu.

Ia juga mengatakan sudah melakukan berbagai macam sosialisasi tentang pilkada dan ia berharap dengan itu dapat mengurangi angka golput. Pada Pilkada Jombang 2008 lalu, angka golput mencapai 30 persen.

Pihaknya menargetkan tingkat kehadiran pemilih di tempat pemungutan suara bisa mencapai lebih dari 71 persen. Selain itu, setiap tempat pemungutan suara (TPS) juga diharapkan bisa memberikan pemahaman agar masyarakat datang ke TPS memberikan hak suaranya.

Pilkada Jombang berlangsung pada hari ini diikuti oleh tiga pasangan calon, yakni pasangan Munir Alfanani dan Wiwik Nuriati, pasangan Nyono Suharli Wihandoko dengan Mundjidah Wahab, dan pasangan Widjono Soeparno dengan Sumrambah.

Para pemilih itu akan memberikan hak suaranya di 2.144 tempat pemungutan suara (TPS). Pilkada itu melibatkan 105 orang petugas pemilihan kecamatan (PPK) serta 918 panitia pemungutan suara (PPS) yang tersebar di 21 kecamatan.

Pengamanan dalam Pilkada Jombang juga cukup ketat. Jajaran Polres Jombang menerjunkan 1.056 personel untuk pengamanan pilkada yang disebar di seluruh daerah di Jombang. Mereka masih dibantu jajaran dari Brimob untuk pengamanan.

“Kami pastikan pilkada berjalan dengan lancar. Kami sudah siagakan personel dan akan memantau pilkada sampai selesai,” kata Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Polres Jombang AKP Widodo. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *