3.000 peserta lintasi 55 kilometer Mojokerto-Surabaya

3.000 peserta lintasi 55 kilometer Mojokerto-Surabaya

Surabaya  – Sebanyak 3.000 peserta mengikuti kegiatan garak jalan melintasi jalur sepanjang 55 kilometer dari Mojokerto ke Surabaya dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, Sabtu sore hingga Minggu dini hari.“Rinciannya, dari kategori perorangan sebanyak 2.637 orang, tim beregu TNI/Polri sebanyak 25 regu dan kategori umum berjumlah 480 regu,” ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Timur Sugeng Riyono kepada wartawan.

Pihaknya berharap, melalui lomba antartahunan yang memperebutkan hadiah sebesar Rp91 Juta itu dapat menjadi ajang promosi wisata bagi Jatim. Tidak hanya di dalam negeri, namun juga luar negeri.

“Saya punya ide, pelaksanaan Gerak Jalan tahun depan akan disinergikan dengan Dinas Kebudayan dan Pariwisata untuk mengemas kegiatan ini menjadi potensi wisata sehingga Jatim dapat menjadi tujuan wisata perjuangan agar lebih menarik,” katanya.

Gerak jalan dibuka langsung oleh Gubernur Jatim Soekarwo sekitar pukul 15.30 WIB di Alun-Alun Kabupaten Mojokerto. Peserta pertama dari kategori perorangan mampu finish sekitar 20.30 WIB.

Sedangkan, dari beregu, tiba di Tugu Pahlawan sejam kemudian. Selain itu, ribuan peserta lainnya baru masuk garis finish antara pukul 22.00-03.00 WIB.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Soekarwo memaknai perjuangan para pahlawan 10 November sebagai Hari Pahlawan dengan terus mengurangi kemiskinan dan pengangguran.

“Allahuakbar-Allahuakbar-Allahuakbar, Merdeka-Merdeka-Merdeka Pekik Bung Tomo membakar semangat rakyat Indonesia saat melawan penjajah yang saat ini kita maknai untuk meneruskan perjuanganya dalam mengurangi kemiskinan dan pengangguran,” ujarnya saat memberangkatkan peserta.

Ia mengatakan, gerak jalan ini memberikan pesan agar masyarakat satu kata dalam mengurangi kemiskinan dan pengangguran.atr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *