20 Ribu Siswa di Jatim Lulus Jalur Undangan PTN

20 Ribu Siswa di Jatim Lulus Jalur Undangan PTN

Bintang Pos, Surabaya – Lagi-lagi Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur mengumumkan hasil yang membanggakan.
Berdasarkan hasil SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk perguruan Tinggi Negeri) 2013, Jatim tercatat sebagai provinsi dengan jumlah siswa yang paling banyak lulus SNMPTN tingkat nasional. “Dari kuota nasional 133.604 siswa di Indonesia yang diterima lewat jalur SNMPTN 2013, ada lebih dari 20.000 siswa Jatim yang dinyatakan lolos seleksi,” papar Harun Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Senin (3/6/2013).

Hasil tersebut menyatakan, Jatim mengalahkan Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatra Utara, dan Riau. Sedangkan DKI Jakarta ada diperingkat ke-8.

“Sedangkan secara nasional, 128.266 diantaranya mendaftar untuk jalur bidik misi dengan jumlah lolos sebanyak 23.942 siswa yakni 18,27 persen,” paparnya.

Ditambahkan oleh Alimufi Arief, Koodinator Pengawas Perguruan Tinggi (PT) untuk Unas se Indonesia, banyaknya jumlah siswa yang lolos SNMPTN dilihat dari tujuh faktor. Diantaranya, mutu pendidikan asal sekolah, hasil nilai rapor sekolah mulai semester satu hingga lima, jumlah alumni yang masuk perguruan tinggi negeri dengan Indeks Prestasi yang baik dan yang diterima di PT.

Selain itu, prestasi olimpiade yang pernah diraih, juga prestasi non-akademis sangat mempengaruhi dilolosnya siswa di jalur SNMPTN.

“Anak yang pandai diterima lewat jalur SNMPTN, dan anak yang kurang mampu dibantu pemerintah lewat Bidik Misi,” kata Ali saat mendampingi Kepala Dindik Prov Jatim Harun.

Menurut Ali, prestasi dari siswa-siswi Jatim ini bukan melalui proses satu sampai dua hari saja. Inilah prestasi yang baik yang juga dibantu sembilan PTN di jatim. (bjt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *