18 universitas AS tawarkan studi dan beasiswa

18 universitas AS tawarkan studi dan beasiswa

Surabaya  – Sebanyak 18 universitas atau lembaga pendidikan tinggi di Amerika Serikat menawarkan peluang studi, beasiswa, dan menjadi asisten dosen di negara itu melalui pameran pendidikan “EducationUSA 2014” di Surabaya.“Perwakilan lembaga pendidikan tinggi itu datang langsung dari AS untuk bertemu para pelajar Indonesia di empat kota besar, yakni Medan, Jakarta, Surabaya, dan Bali,” kata Humas Konsulat Jenderal AS di Surabaya, Andrew M. Veveiros.

Ia menjelaskan pameran pendidikan yang diadakan Yayasan Pertukaran Indonesia-Amerika (AMINEF) itu menyediakan informasi terinci mengenai ribuan pilihan program studi, beasiswa, dan kemungkinan menjadi asisten dosen di AS.

“Tahun lalu, 98 persen pelamar visa mahasiswa berhasil memperoleh visa mereka. Suatu hal yang membuktikan bahwa AS dengan tangan terbuka menerima mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah di sana,” katanya.

Menurut dia, pameran pendidikan “EducationUSA” merupakan kegiatan tahunan yang dikoordinasikan oleh AMINEF/EducationUSA untuk memberikan informasi yang akurat dan tidak berpihak mengenai pendidikan tinggi di AS dengan cara mempertemukan para pelajar dengan perwakilan lembaga pendidikan tinggi AS.

“Pameran ini merupakan bagian dari prakarsa yang diambil AMINEF/EducationUSA dalam upaya membantu meraih sasaran kesepakatan Kemitraan Komprehensif antara pemerintah Indonesia dan AS yang dicanangkan tahun 2010 guna melipatgandakan jumlah mahasiswa Indonesia di Amerika dalam jangka waktu lima tahun,” katanya.

Selama berlangsungnya pameran, pejabat Konsulat Jenderal AS akan menjelaskan proses permohonan visa. “Jadi, pameran ini dapat menjadi cara yang baik bagi para orang tua untuk memperoleh informasi tersebut, sehingga mereka dapat memberikan keputusan tentang pendidikan anaknya secara tepat,” katanya.

Selanjutnya, informasi dapat diikuti melalui “situs web” (laman) EducationUSA dan saluran media sosial lain yaitu Facebook, Skype, dan Twitter.

“Laman EducationUSA adalah www.educationusa.or.id yang menyediakan informasi lebih rinci mengenai agenda kunjungan, juga informasi mengenai lembaga pendidikan tinggi, mata kuliah, dan mengenai perkuliahan di AS,” katanya.

Ia menambahkan EducationUSA merupakan jejaring global lebih dari 450 pusat informasi yang didukung oleh Biro Urusan Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Luar Negeri AS.

“Jutaan calon mahasiswa menerima informasi mengenai kesempatan studi di AS dari pusat-pusat informasi EducationUSA di seluruh dunia setiap tahunnya. Di Indonesia, pusat informasi EducationUSA ada di Jakarta, Surabaya, Medan, Malang, dan Denpasar,” katanya.atr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *