Bupati Lumajang Didesak Lakukan KIP

Bupati Lumajang Didesak Lakukan KIP

Bintang Pos, Lumajang – Memperingati Hari Hak Untuk Tahu (Right To Know Day) Internasional 2013, Kumpulan Media Lintas Komuntas (Media Link) berharap pemerintah Kabupaten Lumajang membuka luas Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Pasalnya, banyak sekali masyarakat yang belum mendapatkan informasi yang merupakan haknya di setiap program pemerintah.

Untuk memperingati “Hari Hak untuk Tahu” dan juga bertujuan untuk mendorong pemerintah khususnya Pemerintah Kabupaten Lumajang agar menjalankan keterbukaan informasi publik dalam setiap kebijakan. MediaLink berharap Bupati, Sjahrazad Masdar segera membentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Kabupaten Lumajang.

A’ak Abdullah Al-Kudus selaku koordinator Media Link mengatakan, sesuai amanat UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Pemerintah Kabupaten Lumajang seyogyanya segera menginisiasi pembentukan PPID dan khususnya sistem pelayanan informasi jaminan kesehatan terpadu untuk memudahkan masyarakat mendapatkan informasi tersebut. ” Seperi halnya Jaminan Kesehatan Nasional masyarakat belum tahu,” ungkapnya.

Hal ini ditegaskan pula oleh Amin Bawazier, seorang praktisi media. Merunurutnya, tidak ada alasan bagi Pemerintah Kabupaten Lumajang untuk menunda-nunda lagi pembentukan PPID di kabupaten ini. Karena itu merupakan upaya untuk memperkuat Kabupaten Lumajang juga. “Masyarakat Lumajang punya hak untuk tahu tentang apapun agar lebih berdaya, dan pemerintah tentunya berkewajiban untuk menyediakan layanan informasi yang mudah untuk diakses oleh masyarakat,” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *