KORAN BINTANG POS SEBAGAI SARANA ASPIRASI, KOMUNIKASI, INFORMASI DAN PROMOSI BAGI PUBLIK
 

Harga Cabai Terus Meningkat

cabai

Kediri - Operasi pasar cabai murah yang digelar Bulog Divre Kediri beberapa waktu lalu, tampaknya belum mampu menekan harga komoditas cabai hingga ke angka normal. Kenyataanya, harga cabai rawit di sejumlah pasar tradisional Kota Kediri masih relatif tinggi, bahkan naik hingga mencapai Rp 112 ribu per kilogram.
Harga komoditas sayuran di Pasar Pahing Kota Kediri ini merangkak naik sejak seminggu terakhir ini. Untuk harga sawi dari Rp 4 ribu naik menjadi Rp 6 ribu per ikat . kacang panjang dari sebelumnya Rp 5 ribu naik jadi Rp 6 ribu per ikat. Timun dari Rp 4 ribu naik jadi Rp 5 ribu per kg. Sementara harga terong dari sebelumnya Rp 5 ribu naik jadi Rp 6,5 ribu per kg.

Kenaikan tertinggi pada harga cabai rawit dari semula Rp 100 ribu kini menjadi Rp 112 ribu per kg. Sementara cabai besar dari semula Rp 30 ribu kini menjadi Rp 35 ribu per kg. Tingginya harga cabai ini menandakan bahwa operasi pasar komoditas cabai belum optimal.

Sutini, salah seorang pedagang mengaku, kenaikan komoditas sayur mayur ini terjadi sejak seminggu terakhir. Adapun penyebabnya karena stok barang di pasar mengalami kelangkaan, akibat petani banyak mengalami gagal panen.

Kenaikan komoditi sayuran ini berdampak terhadap iklim jual-beli di pasar yang menjadi sepi. Para pedagang mengaku, omset mereka anjlok karena jumlah pembeli menurun drastis. Mereka berharap harga sayuran bisa segera stabil.

Untuk diketahui, operasi pasar cabai digelar Bulog Divre Kediri, awal bulan lalu. Bulog mengobral cabai rawit dengan harga Rp 80 ribu per kg atau selisih Rp 10 ribu lebih murah dari harga di tingkat petani. Sementara harga cabai di pasaran saat itu masih bercokol di angka Rp 100 ribu per kg. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Ada Komentar, Berita, Artikel Yang mau Di liput / ditayangkan d www.Bintangpos.com kirim via Email : redaksibintangpos@gmail.com